[Info KreasiJilbabku] Film Palestina

Meskipun isinya ga ada hubungannya sama nama Blognya,tapi aku mau posting sebagai tanda turut prihatin dengan peristiwa yang menimpa saudara2 kita di Palestine


Bentara Budaya Jakarta
Bentara Putar Film: FILM PALESTINA


Jumat, 6 Februari 2009

Jam 17.00 Death in Gaza

Jam 19.00 Divine Intervention



Sabtu, 7 Februari 2009

Jam 15.00 Private
Jam 17.00 Paradise Now


Sebagai manifestasi rasa simpati terhadap derita rakyat Palestina di Jalur Gaza yang bulan lalu dizalimi oleh Israel, bulan Februari 2009 ini Bentara Budaya Jakarta (BBJ) memutar empat buah film bertema Palestina.

Film pertama adalah sebuah film dokumenter, Death in Gaza yang merekam kehidupan tiga anak Palestina di Jalur Gaza. Sutradara dan kameraman film ini, James Miller, tewas tertembak tentara Israel pada Mei 2003. Film produksi HBO ini menarasikan pandangan warga Palestina yang rela mati menjadi pembom bunuh diri serta mereka yang menjadi korban konflik.

Film kedua adalah Divine Intervention karya sutradara Palestina, Elia Suleiman. Film komedi romantic yang memenangkan Jury Prize di Festival Film Cannes 2002 ini mengungkapkan masalah warga Palestina di wilayah pendudukan Israel.

Film ketiga, Private, adalah film debut (karya pertama) sutradara Italia, Saverto Costanzo, yang didasarkan atas kisah nyata sebuah keluarga Palestina yang rumahnya diduduki oleh peleton Israel. Rumah keluarga Mohammad (yang diperankan oleh aktor Palestina kenamaan, Mohammad Bakri) terletak di antara kampung Palestina dan permukiman Yahudi. Walaupun hanya menampilkan kehidupan sebuah keluarga Palestina di wilayah pendudukan militer Israel, film ini merupakan ekspresi simpati pembuatnya terhadap masyarakat Palestina yang terampas hak-hak asasinya. Film ini memenangkan penghargaan Golden Leopard di Festival Film Locarno 2004 dan terpilih oleh Museum of Modern Art dan Film Society of Lincoln Center untuk edisi 2005 New Directors/New Films.

Film keempat, Paradise Now (atau Al-Jenna-An), mengisahkan dua orang pemuda Palestian –Said dan Khaled- yang bersahabat dan tinggal di kota Nablus, Tepi Barat. Keduanya disiapkan untuk menjadi pembom bunuh diri. Film produksi tahun 2005 yang disutradarai Hany Abu-Assad ini amat populer di arena festival film, dan terpilih dalam Festival Film New York 2005 oleh Film Society of Lincoln Center. Dinominasikan untuk Oscar, setelah sebelumnya memenangi Golden Globe untuk Film Asing Terbaik.

2 comments:

  1. ada CD/DVD filmnya??mau donk...:) Anyway, mantap juga tuh skillnya. Kenapa nggak coba bikin aja jilbab instantnya buat segala model...kan tinggal sorong....bergaya deh...:)

    Condra

    BalasHapus
  2. eh Uda...jauh2 mampir juga dblog ini ^_^
    CD/DVD? aduuhh ga ada deh tp nt kl pas lagi jalan2 ketemu...weess pasti tak kirim deh utk dikau

    KreasiJilbab?
    yaaa namanya juga masih belajar euy,belon berani 'berlari' masih 'merangkak' kpengen cita2 bikin one stop beauty utk muslimah...taapiiiii ^_^
    doa in aj yaa
    Terima kasih ud mampir

    BalasHapus